Tuesday, May 26, 2015

Serunya Pendakian LembahRamaa,Gunung Bawakaraeng SulawesiSelatan

Para sahabat blogger dan para sahabat para travelers, kali ini saya akan memposting pengalaman mendaki di kaki gunung bawakaraeng atau yang sering disebut LembahRamma. dan mungkin saya pribadi bisa menyebutnya Ranukumbolo nya sulawesi selatan.

Lembahramma

kalau anda pernah punya teman yang berasal dari daerah sulawesi selatan , coba anda tanya sudah pernah mendaki apa belum ? kalau dia jawab sudah, segeralah anda tebak LembahRamma. pasti dia akan sontak kaget. dan bergegas kembali bertanya ,, darimana anda tahu .....? pasti begitu responnya.



ya' memang lembahRamma sangatlah terkenal di para pencinta alam di daerah sulawesi selatan karena keindahannya dan juga pemandanggannya yang disajikan karena berada di bawah kaki gunung yang cukup tinggi yaitu Gunung bawakaraeng. 
Malam hari



Pagi hari
tak cuma itu di lembahRamma kita akan melihat hamparan tanah yang luas yangdi kelilingi gunung, dengan warna hijau yang sangat luas dan berembun. dengan di potong potong oleh aliran sungai yang sangat jernih yang langsung turun dari kaki gunung. pasti ada sudah bisa membayangkan betapa segarnya air dari alam yang dingin dan pasti membuat tenggorokan anda dingin. dan kita juga disungguhi akan Danau dan Airterjun yang cukup besar namun kita harus melakukan perjalanan sedikit lagi dari lembahramma untuk bisa merasakan airnya.

disitu juga kita akan melihat binatang sapi yang berjumlah lebih dari 10 juga ada kuda yang berkeliaran. betul betul menyajikan pemandangan alam yang sangat lengakpa dengan faunanya dan jarang didapati di daerah perkotaan yang padat. dan kita bisa berkemah di antara puluhan camp yang sudah berdiri di antara hampara tanah hijau . dan di malam hari kita bisa melihat cahaya yang lain dari biasanya selain dari cahay bitang dan bulan . kita bisa melihat cahata dari lampu sorot yang di pakai mendaki di malam hari dan warna merah dari puluhan api unggun di depan tenda dan suara teriakan anak anak yang membuat suasana semakin terasa rame dan tak terlupakan.

dalam perjalanan kita akan mendapati bermacam medan yang sangat menantang, mulai dari tanjakan dan turunan yang curam. dan kita akan melawati tiga sungai yang cukup besar . 


dan perku diperhatikan dalam mendaki di sini banyak jalur baru yang dibuat pastikan dalam pendakian saat berkelompok . gunakan kode kode untuk mengecek para anggota. agar tidak terpisah . karena pengalaman pribadi saya dan teman teman pernah terpisah dan menyita waktu yang cukup lama.


untuk mencapainya ke lembahRamma kita memakan waktu ekitar 6 jam dari kampung pertama. dan 9 jam kalau terhitung dari kota makassar. sbelum mencapai lembahRamma kita akan melewati lebun stoberi dan wisata pohon pinus di pegunungan malino dan hamparan kebun holticultural disekeliling perkampungan pertama.

untuk mencapai keatas nanti kita sampai terlebih dahulu di Puncak gunung Talung untuk melepas penat dan mengumpulkan energi kembali untun turun ke lembahramma. dan kita akan melihat keindahan lembahramma secara jelas dari puncak talung. juga bisa melihat kota gowa dan makassar dari puncak talung ini. 


adapun berbagai foto yang saya abadikan bersama rekan rekan saya waktu mendaki yang belum terlalu lama, tepatnya pada tanggal 16-19 mei 2015.
warung malino



yupzs, sekian untuk postingan saya. 

pesan " tetapalah menjaga alam yang sudah kita temukan dan biarlah anak cucu kita bisa merasakan : !!!!Save Indonesia Paradise!!! $SIP .. @agit_sinyo
crew pecinta alam
track lembahramma

sapi cow

ngecamp

rahat dulu

lembahramma

puncak talung


No comments:

Post a Comment